penempatan cahaya di dalam ruangan

Posted by ermi hermansyah 01.52, under | No comments

Cahaya memegang peranan penting dalam mewujudkan atmosfer ruang dalam. Pencahayaan yang baik dan sesuai dengan karakter ruang yang direncanakan akan dapat memaksimalkan aktivitas dan produktivitas yang dilakukan dalam ruang tersebut. Copestick (1995) mengemukakan bahwa :

tata lampu (cahaya) bias menambah atau mengurangi keindahan interior. Tata lampu bias menonjolkan atau menutupi kelebihan suatu ruangan, menentukan warna dan bentuknya, meningkatkan ukuran ruangan dan membantu menciptakan suasana latar belakang.


Sistem pencahayaan yang perlu dipelajari adalah sistem pencahayaan alami dan buatan.Keduanya berperan cukup besar dalam menciptakan suasana ruang dalam, sehingga harus diperhatikan masing-masing karakternya. Lampu sebagai salah satu sumber cahaya buatan tidak hanya sekedar berfungsi sebagai penerang ruang, tatapi juga harus disesuaikan dengan efek cahaya terhadap kebutuhan ruangnya.

Dalam pembelajaran dasar desain interior, cahaya dapat diperkenalkan dalam penyusunan komposisi karya sebagai aksen yang dapat direkayasa dan disesuaikan menuju harmonisasi yang diharapkan. Permainan cahaya dalam penyusunan karya dasar desain akan merangsang kepekaan pembelajar terhadap efek-efek cahaya terhadap komposisi dan bentukan yang telah ada. Perbedaan antara komposisi karya yang tanpa pencahayaan dan dengan pencahayaan dapat diapresiasi .

DOWNLOAD ARTIKEL DI ATAS
...KLIK DI SINI...

0 komentar:

Posting Komentar