membuat denah potongan dan tampak

Posted by ermi hermansyah 03.36, under | No comments

PERANCANGAN BANGUNAN


Elemen yang sangat dominant dalam perancangan bangunan adalah ruangan-ruangan yang harus diciptakan sehingga dapat menampung fungsi yang akan berlangsung pada ruangan tersebut secara baik.
Agar fungsi tersebut berjalan dengan baik , maka ruangan tersebut harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu, yaitu:
Persyaratan fisik ruangan : lantai, dinding ,atap, warna, perlengkapan
Persyaratan pelaksanaan fungsi : hubungan antar ruangan, volume pengudaraan,pencahayaan,
ketenangan, kenyamanan, keamanan

KAITAN DENAH POTONG DAN TAMPAK

Dalam proses perancangan bangunan, rancangan denah, potongan dan tampak bangunan merupakan tiga hal yang saling mempengaruhi dan saling melengkapi.
Merancang denah harus memperhatikan potongan dan tampak luarnya
Merancang potongan harus memperhatikan denah dan tampak luarnya
Merancang tampak harus memperhatikan denah dan potongannya


FUNGSI DENAH

Fungsi denah adalah dapat memberikan gambaran tentang :
TATA LETAK RUANGAN : dapat melihat letak/posisi ruangan satu terhadap ruangan lain.
HUBUNGAN RUANG : dapat melihat beberapa hal yang nyangkut hubungan ruang, baik hubungan secara fisik, hubungan lalu lintas maupun hubungan secara visual


GAMBAR DENAH

Gambar denah merupakan gambar potongan horisontal dari bangunan; dipotong ± 1 m dari lantai . Ditunjukkan oleh dinding, pintu, dan jendela, seringkali juga dilengkapi gambar furniturenya,rancangan electrikal dan mekanikal serta gambar asesorisnya.

Dalam kaitannya dengan DENAH, maka struktur yang kita pilih hendaknya merupakan hal yang sinkron dengan beberapa hal mendasar dari denah kita itu, misalnya:

1. BENTUK DENAH

Bentuk denah memberikan kemungkinan tersendiri bagi penerapan struktur. Bentuk denah persegi, memberikan kemungkinan yang berbeda dengan bentuk denah yang bulat atau meling-kar. Bentuk denah segitiga, memberikan kemungkinan yang berlainan dengan bentuk denah persegi panjang. Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan adanya bentuk-bentuk gabungan, yang justru memberikan kemungkinan lain bagi struktur yang bervariasi. Di sini diper-lukan kreativitas yang tersendiri pula

Denah dan struktur yang tergabung dalam kreativitas positif, akan memberikan bentuk bangunan yang luar biasa menariknya.
Menarik karena indahnya, menarik karena kompaknya, menarik karena pengolahannya yang terpadu.
Denah dan struktur yang tergabung dalam kreativitas positif, akan memberikan bentuk bangunan yang luar biasa menariknya. Menarik karena indahnya, menarik karena kom-paknya, menarik karena pengolahannya yang terpadu.

2. SOSOK BANGUNAN DAN TAMPAK LUAR

Yang dimaksud dengan sosok bangunan adalah tampak luar secara garis besar . Biasanya bentuk sosok bangunan ini berkaitan erat dengan strukturnya. Sedangkan tampak luar, merupakan pengolahan penghalusan dari sosok bangunan, di mana sudah pula mengolah hal-hal yang lebih mendetail dari sosok bangunan ter­sebut.


3. BENTANGAN-BENTANGAN DENAH

Sesuai dengan keperluannya masing-masing, denah kita dapat menentukan bentangan-bentang-an yang sesuai dengan setiap keperluan tersebut.
Ada ruangan-ruangan yang memang memerlukan bentangan lebar, tetapi ada pula ruangan-ruangan yang cukup dengan bentangan biasa. Di dalam denah, hal-hal demikian diolah secara kasus demi kasus, sesuai dengan tujuan rancangan masing-masing.
Tidak ada kaidah khusus mengenai pemilihan bentangan ini, dan untuk setiap rancangan denah, dapat dipilih bentangan-bentangan yang sesuai.


4. PENGOLAHAN DENAH, TAMPAK, STRUKTUR DI DALAM PENAMPILAN

Dalam hal ini, struktur bukan lagi hanya merupakan pendukung rancangan, tetapi sudah menjadi elemen tampak luar bangunan.



BILA ANDA KURANG JELAS BISA DOWNLOAD EBOOK LENGKAP TENTANG DENAH KLIK DI BAWAH INI :

0 komentar:

Posting Komentar