Teknik pemasangan dinding precast

Posted by ermi hermansyah 05.11, under | 1 comment


Berbeda dengan pekerjaan dinding sekat pembatas antar ruang yang menggunakan pasangan aeroblock, pekerjaan dinding pembatas antara bagian dalam bangunan dengan bagian luar bangunan digunakan precast. Salah satu keunggulan dari precast panel adalah waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan lebih cepat dibanding dengan pemasangan aeroblok untuk luas pekerjaan yang sama.

chain block

Urutan pelaksanaan pemasangan precast panel adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum precast panel dinaikkan dengan menggunakan tower crane ke lokasi pemasangan, alat bantu seperti chain block, adjustable dan tekel harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Tekel digantung dengan menggunakan chain block dan dikaitkan pada lift hook yang tertanam pada struktur.
  3. Setelah semua peralatan dipersiapkan, dilakukan pemasangan embeded untuk sambungan precast panel dengan lantai di lokasi pemasangan.
  4. Precast panel dinaikkan ke lokasi dengan menggunakan tower crane.
  5. Setelah sampai pada lokasi yang dimaksud, precast panel kemudian dipindahkan dari tower crane ke tekel.
  6. Precast panel kemudian disetel/disetting dengan menggunakan tekel dan adjustable. Setelah didapat settingan precast panel yang tepat, dipasang dynabolt pada embeded dengan cara pengelasan.
  7. Apabila pengelasan telah selesai, maka dilakukan pengecekan kembali apakah posisi panel precast tidak berubah setelah dilas pada joint-joint conection.
  8. Setelah semua pekerjaan selesai, tekel yang digunakan untuk menggantung precast panel dilepas dan dipindahkan ke lokasi pemasangan precast panel berikutnya.
Penggangkutan dinding precast dari mobil dengan tower crane

Penggantungan precast menggunakan chain block yang di ikat pada kolom bangunan

Sambungan antara precast dan plat lantai dengan embedded plate


Penyetelan posisi dinding  precast

Pengelasan embedded plate precast
  
embedded plate yang sudah terpasang

Detail embedded plate

Embedded precast panel terbuat dari pelat baja dengan ukuran tertentu yang dirancang untuk pemasangan dinding beton precast. Embedded ini dicor bersamaan balok tepi (pada balok bagian luar). Pemasangan embedded harus dilakukan secara teliti, karena sangat mempengaruhi pekerjaan pemasangan dinding beton precast. Pemasangan embedded ini terletak pada bagian dasar balok dengan pelat baja yang menyentuh bekisting balok. Dalam 1 (satu) bentang balok, dipasang embedded sebanyak 2 (dua) buah.

ok demikian info dari arsitek istn semoga membantu...

1 komentar:

Kalau celah antara precast sama kalom menggunakan apa ya ..makasi

Posting Komentar